Iklan Header

HTTP vs HTTPS: Mengapa Website HTTP Tidak Aman Dikunjungi



Mungkin Anda sering menjumpai munculnya HTTP atau HTTPS pada address bar saat mengunjungi sebuah situs website. Memang apa sih perbedaannya?

HTTP dan HTTPS sama-sama merupakan protokol pertukaran data namun sangat berbeda dari segi keamanannya. Perbedaan paling mencolok bisa dilihat dari ejaan namanya, dimana ada tambahan huruf “S” pada HTTPS yang merupakan singkatan dari “Secure”.

Komunikasi data pada website HTTPS telah dienkripsi dan diamankan oleh SSL sehingga saat Anda mengakses alamat webnya akan muncul ikon gembok disertai keterangan “Connection is Secure”, sedangkan pada website HTTP (tanpa SSL) akan muncul tanda seru di dalam segitiga merah disertai keterangan "Not Secure" sebagai tanda bahwa website berpotensi bahaya dan tidak aman untuk dikunjungi.

Di luar konteks keamanan data, penggunaan SSL (HTTPS) pada website juga berpengaruh penting dalam hal SEO. Informasi ini ditegaskan oleh pihak Google sejak tahun 2014 lalu, bahwa penggunaan SSL (HTTPS) menjadi salah satu faktor penentu ranking website di Search Engine Result Page (SERP). Begitu sebaliknya, website yang tidak menggunakan SSL akan terperosok di bagian bawah hasil pencarian dan tidak bisa bersaing.

SSL ternyata sangat dibutuhkan website untuk keamanan transmisi data, meningkatkan trust, dan menunjang SEO. Apabila website Anda belum terpasang SSL, silahkan segera memasangnya demi menjaga keamanan dan reputasi website.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "HTTP vs HTTPS: Mengapa Website HTTP Tidak Aman Dikunjungi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel