Iklan Header

9 Software Editing Video Terbaik Untuk YouTube (Gratis & Berbayar)


Berkat Software pengeditan video modern, sekarang, semua orang dapat membuat dan mengedit video dari kenyamanan rumah mereka. Pekerjaan tidak pernah semudah ini, namun, pilihannya tidak pernah sesulit ini. 

Ya! Memilih perangkat lunak pengeditan video yang tepat untuk YouTube tidak mudah. Ada sejumlah pilihan dengan masing-masing mengklaim sebagai yang terbaik. Tapi jangan khawatir, kami di sini untuk membantu.

Dalam proses memilih perangkat lunak pengeditan video untuk YouTube, Anda harus mempertimbangkan poin-poin ini:

  • Alat Pengeditan: Perangkat lunak ini harus menawarkan fitur pengeditan video yang lengkap dan canggih. 
  • Ramah Pengguna (Kurva Pembelajaran): Perangkat lunak harus mudah dipelajari dan digunakan.
  • Dokumentasi: Perangkat lunak harus memiliki tutorial yang tersedia secara online.
  • Harga: Semakin murah semakin baik. 

Setuju? Saya tahu Anda pasti setuju. Sekarang, mari kita lihat beberapa perangkat lunak pengeditan video paling populer dan lihat mana yang memenuhi kebutuhan Anda.


1. Camtasia – Uji Coba Gratis

Kredit Gambar: TechSmith.com

Camtasia adalah editor video dan perekam layar yang dapat beroperasi di Windows dan macOS. Perangkat lunak ini sama-sama berguna untuk pemula dan profesional. Ini memiliki antarmuka yang bersih dan ramah pengguna yang akan membantu pengguna menikmati waktu mereka dengannya. Perlu disebutkan, Camtasia adalah salah satu perekam layar paling kuat. Ini merekam video berkualitas tinggi dan tidak memiliki batasan waktu untuk merekam.

Ada juga Tutorial Camtasia lengkap yang tersedia di TechSmith.com yang akan membantu Anda mempelajari dasar-dasarnya dengan cepat dan seterusnya.

Singkatnya, Anda dapat menggunakan Camtasia untuk membuat video terlebih dahulu dengan merekam layar Anda, kemudian, menyambungkan klip video, gambar, dan musik lain ke dalamnya dan terakhir mengekspornya. 

Harga Camtasia

Perangkat lunak ini menawarkan beberapa diskon untuk membeli lebih dari 4 lisensi, tetapi secara umum, harganya akan seperti ini:

  • Lisensi pengguna tunggal: $249 (Biaya satu kali)
  • Pemeliharaan (Opsional): $49,75 (Biaya tahunan)

Pemeliharaan mencakup antrian telepon khusus, pelatihan eksklusif, dan versi perangkat lunak berikutnya. Perangkat lunak ini juga memiliki “Jaminan Uang Kembali 30 Hari” yang berarti memuaskan Anda atau membayar Anda kembali.

Link Download:

Download Camtasia


2. Wondershare Filmora – Coba Gratis

Kredit Gambar: filmora.wondershare.com

Wondershare Filmora adalah perangkat lunak pengeditan video freemium yang ditujukan untuk pemula. Muncul dengan lebih dari 140 filter dan efek berlebih yang dapat melakukan keajaiban nyata pada video Anda. Perangkat lunak ini beroperasi pada Windows dan Mac. Ini menawarkan fungsi utama perangkat lunak pengeditan video seperti pemangkasan, transisi, overlay, dan banyak lagi. Namun, ia tidak memiliki beberapa fitur canggih seperti pelacakan gerak dan Multicam.

Saat pertama kali mengatur Filmora, Anda akan memiliki 4 mode untuk dipilih: Action Cam, Full Feature, Instant Cutter, dan Easy Mode. Anda dapat memilih mode yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Filmora memiliki fitur Pan and Zoom, Audio Mixer, dan Video Stabilization yang sangat berguna untuk semua pembuat video YouTube. Fitur Layar Hijaunya juga akan berguna bagi YouTuber.

Tidak ketinggalan, versi gratisnya menawarkan berbagai fitur yang bagus tetapi mengekspor video dengan tanda air Filmora di dalamnya, dan untuk menghapus tanda air Anda perlu meningkatkan ke versi pro.

Harga Wondershare Filmora

Harga Versi Windows

  • Paket Seumur Hidup $69,99 (Biaya Sekali Pakai)
  • Paket Tahunan $39.99/Tahun (Perpanjang otomatis, batalkan kapan saja)
  • Paket Bundel Tahunan $99,87/Tahun (Perpanjang otomatis, batalkan kapan saja)

Semua bundel menawarkan: Dukungan, semua fitur, dan pembaruan gratis. Namun, Paket Bundel Tahunan menawarkan dua fitur lagi: Unduhan Tidak Terbatas dari Perpustakaan Standar Filmstock, dan Efek baru setiap bulan.

Harga Versi Mac

  • Paket Seumur Hidup $69,99 (Biaya Sekali Pakai)
  • Paket Tahunan $44,99/Tahun (Perpanjang otomatis, batalkan kapan saja)
  • Paket Bundel Tahunan $104,87/Tahun (Perpanjang otomatis, batalkan kapan saja)

Sekali lagi Paket Bundel Tahunan untuk Mac menawarkan dua fitur lagi yang ditawarkan Bundel Windows.

Link Download:

Download Filmora


3. WiseCut (Editor video YouTube AI berbasis cloud)


Dapatkah Anda membayangkan membuat video untuk YouTube tanpa memiliki keterampilan mengedit? Nah, inilah yang bisa Anda lakukan dengan Wisecut. Ini adalah editor video AI berbasis cloud untuk YouTube, yang secara otomatis menghilangkan celah suara, menambahkan musik latar, menambahkan animasi video, dan juga menambahkan teks. Apa lagi yang bisa Anda minta dari editor video otomatis?

Download WiseCut


4. Apple iMovie

Kredit Gambar: Apple.com

iMovie adalah perangkat lunak pengeditan video oleh Apple yang beroperasi di perangkat macOS, iOS, dan iPadOS. Perangkat lunak ini gratis, sederhana, dan mudah digunakan tetapi pada saat yang sama berkualitas tinggi, Anda dapat menghasilkan film resolusi 4K dengan menggunakannya.

Ini fitur alat standar perangkat lunak pengeditan video tetapi tidak terlalu bagus dengan opsi lanjutan. Namun, karena gratis, pengguna Mac mana pun harus mencobanya.

Satu hal yang baik tentang iMovie adalah Anda dapat mulai mengedit video di iPhone lalu melanjutkannya di iPad atau sistem OS lainnya.

Harga iMovie

iMovie Gratis untuk perangkat Apple.

Download iMovie


5. Final Cut Pro X

Kredit Gambar: Apple.com


Final Cut Pro X adalah perangkat lunak pengeditan video tingkat profesional Apple yang hanya beroperasi di Mac. Perangkat lunak ini terkenal dengan fitur-fiturnya yang canggih dan canggih yang dapat memuaskan editor video apa pun.

Selain alat berbasis AI yang ditawarkan Final Cut Pro X, ia juga dilengkapi alat pembelajaran mesin modern yang secara otomatis mengubah proyek layar lebar Anda menjadi ukuran khusus untuk media sosial.

Antarmuka penggunanya sangat halus yang akan membuat semua orang berkreasi dengan pengeditan video mereka. Ia mampu menghasilkan video 2D dan 3D dengan kecepatan super cepat.

Beberapa fitur lanjutan Final Cut Pro X adalah: Multicam, Smart Conform, Key Burns Effect, dan Flow Dissolve, yang akan melakukan keajaiban pada video Anda.

Singkatnya, jika Anda adalah pengguna Mac yang merasa iMovie tidak cukup untuk pekerjaan Anda, maka ambil Final Cut Pro X.

Harga Final Cut Pro X

  • Lisensi Tunggal: $299.99/Tahun


6. Adobe Premiere Pro

Kredit Gambar: Adobe.com


Ini dia Boss! Saat mencari perangkat lunak pengeditan video all-in-one yang sempurna, Anda pasti nemuin Adobe Premiere Pro.

Adobe Premiere Pro adalah editor video berbasis garis waktu yang dikembangkan oleh Adobe Systems yang hebat. Memiliki alat pengeditan video yang kaya, seperti Alat Slip, Alat Edit Bergulir, dan Edit Ripple.

Perangkat lunak ini beroperasi pada Windows dan Mac dan menyediakan antarmuka yang ramah pengguna. Antarmuka responsifnya membantu mencapai kinerja maksimal.

Ini bisa menjadi sedikit menggaruk-garuk kepala bagi pemula untuk bekerja dengannya, tetapi hal baiknya adalah, ada banyak sekali tutorial untuk itu.

Beberapa fitur seperti Dukungan Beberapa Urutan, Pengeditan Multi-Kamera, Pemetaan Ulang Waktu, Alat Koreksi Warna, dan Antarmuka Audio Mixermenjadikannya pilihan yang baik untuk YouTuber.

Faktanya, Premiere Pro cukup populer di kalangan YouTuber, lebih dari 50% YouTuber terbesar menggunakannya untuk mengedit video mereka.

Harga Adobe Premiere Pro

Perangkat lunak ini tidak menawarkan harga seumur hidup, inilah mengapa dianggap sedikit mahal.

  • Paket tahunan, dibayar bulanan – US$20,99/bln
  • Paket tahunan, prabayar – US$239,88/tahun
  • Paket bulanan – US$31,49/bln


7. Lightworks

Kredit Gambar: lwks.com

Lightworks adalah perangkat lunak pengeditan video non-linear yang beroperasi pada sistem operasi Windows, Linux, dan Mac OS X. Perangkat lunak ini juga memiliki versi gratis yang dianggap sebagai perangkat lunak pengeditan video gratis paling kuat.

Lightworks adalah nama besar di industri penyuntingan film. Ini telah digunakan untuk mengedit beberapa film terbaik dalam sejarah termasuk The Wolf of Wall Street. Namun terlepas dari itu, software ini cocok untuk membuat video untuk YouTube dan media sosial.

Antarmukanya bisa sedikit mengintimidasi karena toolkit profesional yang ditawarkannya, tetapi hanya butuh beberapa waktu untuk membiasakannya.

Beberapa fitur utamanya adalah: Pengeditan & pemangkasan timeline yang mudah, Antarmuka Drag-And-Drop, Efek Rendering, Plug-In Boris FX, dan Ekspor video untuk YouTube/Vimeo, SD/HD, hingga 4K.


Harga Lightworks

Perangkat lunak ini menawarkan editor video gratis yang paling kuat, jadi, pastikan untuk mencobanya. Tetapi versi pro memiliki opsi harga berikut:

  • Lisensi Tunggal – $24,99/bulan


8. VivaVideo – Editor Video Gratis (Seluler)



VivaVideo adalah editor video freemium dengan semua fitur pengeditan video: potong video, potong video, potong video, gabungkan video, edit video dengan musik, edit video untuk youtube, tambahkan stiker ke video, tambahkan teks ke video, dan banyak lagi.

Namun tidak sebatas itu, VivaVideo juga merupakan platform sosial yang memungkinkan pengguna membuat, mengedit, dan mempublikasikan video mereka. Pengguna dapat memilih tema, menggunakan stiker, teks, dan musik dalam video mereka.

Ini memiliki antarmuka elegan intuitif yang membuat bekerja dengannya menyenangkan. Tidak lupa, ini beroperasi pada sistem operasi Windows dan Mac.

Ini juga populer, memiliki lebih dari 100 Juta unduhan hanya di Android, jadi, ada kemungkinan besar Anda telah mendengarnya.

Harga VivaVideo

Versi gratisnya menawarkan sejumlah fitur yang bagus tetapi dalam meningkatkan ke versi pro Anda akan mendapatkan:

  • Menghapus tanda air/Watermark
  • Tanpa iklan
  • Penyesuaian video
  • Teks animasi dan banyak lagi

Sebelum memutakhirkan, Anda akan ditawari uji coba gratis 3 hari untuk memeriksa bagaimana rasanya versi pro. Kemudian Anda harus membayar $2,60 (£2,04) per bulan.


9. WeVideo Pro



WeVideo Pro adalah platform pengeditan video online # 1 berbasis cloud yang berfungsi di browser web dan di perangkat seluler. Ini memiliki lebih dari 30 Juta pengguna terdaftar di seluruh dunia yang menjadikannya yang terdepan dalam pengeditan video online.

Perangkat lunak pengeditan online ini memiliki versi gratis dan pro. Versi gratisnya terbatas dalam fitur dan opsi, tetapi membantu Anda mendapatkan gambaran menyeluruh tentang kekuatan WeVideo pro.

Menjadi editor video online tidak menyebabkannya menawarkan lebih sedikit fitur daripada perangkat lunak pengeditan biasa. Beberapa fitur unggulannya adalah: Slow Motion, GreenScreen, Rekam Layar dan Webcam bersama, dan Perpustakaan Media yang kaya.

Menggunakan WeVideo Anda dapat mengedit video Anda di mana saja dengan koneksi internet. Performanya yang berbasis cloud juga membantu Anda menghemat penyimpanan di perangkat Anda.


Harga WeVideo

Anda dapat memilih untuk membayar bulanan atau tahunan. Tentu saja tahunan lebih murah.

Opsi Harga Bulanan

  • Daya – $9,99/blnTidak Terbatas – $15,99/bln
  • Profesional – $35,99/bln
  • Bisnis – $59,99/bln


Opsi Harga Tahunan

  • Daya – $ 4,99 / bln (ditagih setiap tahun)
  • Tidak terbatas – $7,99/bln (ditagih setiap tahun)
  • Profesional – $17,99/bln (ditagih setiap tahun)
  • Bisnis – $29,99/bln (ditagih setiap tahun)


Kesimpulan: Tentang Aplikasi Pengeditan Video YouTube Terbaik

Ada banyak perangkat lunak pengeditan video yang bagus di luar sana, tetapi yang penting adalah Anda menemukan yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Lihat di bawah ini:

  • Jika Anda ingin membuat video tutorial profesional, Camtasia adalah pilihan terbaik.
  • Untuk pemula yang menginginkan software editing video yang murah, mudah digunakan, dan kaya fitur, Filmora direkomendasikan.
  • iMovie adalah yang terbaik untuk pengguna Apple yang ingin membuat video yang tidak begitu profesional secara gratis.
  • Jika Anda adalah pengguna Mac yang menginginkan perangkat lunak pengeditan video paling kaya fitur dan canggih untuk Mac, maka pilihan Anda adalah Final Cut Pro X.
  • Jika Anda serius tentang pengeditan video dan karenanya menginginkan perangkat lunak yang paling sempurna untuk Windows dan Mac, maka Premiere Pro adalah pilihan Anda.
  • Jika Anda mencari perangkat lunak pengeditan film terbaik, ambil LightWorks.
  • Jika Anda ingin membuat video dengan cepat menggunakan tema, lagu, video, dan efek bawaan, maka VivaVideo harus melakukannya untuk Anda.
  • Jika Anda mencari perangkat lunak pengeditan video online berbasis cloud terbaik, maka Anda mencari WeVideo.


Jangan lupa untuk berbagi ide dan pengalaman Anda dengan perangkat lunak pengeditan video dengan kami, gunakan komentar di bawah.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Komentar untuk "9 Software Editing Video Terbaik Untuk YouTube (Gratis & Berbayar)"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel