Iklan Header

JavaScript For Loop Penjelasan dan Contohnya



Loop adalah konsep pemrograman yang selalu kita temui dan terapkan sebagai pengembang JavaScript.

Dan banyak pengembang yang akrab dengan loop, tetapi tidak semua orang memahami cara kerjanya dan mengapa atau kapan mereka harus menggunakan jenis loop tertentu.

Pada artikel ini, kita akan mempelajari apa itu for loop, cara kerjanya, dan mengapa kita menggunakannya. Kita juga akan membahas beberapa jenis loop, yang masing-masing menjalankan fungsi tertentu meskipun hampir semuanya dapat melakukan fungsi umum yang sama.

Apa itu Loop?

Loop adalah program komputer yang mengeksekusi sekumpulan instruksi atau blok kode beberapa kali tanpa harus menulisnya lagi sampai kondisi tertentu terpenuhi. Dengan kata lain, loop membiarkan kode Anda mengeksekusi satu atau lebih pernyataan sebanyak yang diinginkan.

Sekali lagi, ada banyak jenis loop, tetapi kita hanya akan membahas beberapa for loop di artikel ini.

Hampir setiap bahasa pemrograman tingkat tinggi, termasuk JavaScript, memiliki for loop. Kami hanya akan membahas JavaScript di artikel ini, dan kami akan melihat sintaks dan beberapa contohnya.

For Loop dalam JavaScript

For Loop adalah pernyataan berulang yang Anda gunakan untuk memeriksa kondisi tertentu dan kemudian berulang kali mengeksekusi kode blok selama kondisi tersebut terpenuhi.
Flowchart for the for loop

Sintaks dari for loop

for (initialExpression; condition; updateExpression) {
    // for loop body: statement }
Kode blok di atas adalah sintaks standar yang digunakan oleh for loop. Mari kita lihat setiap parameter untuk melihat apa artinya dan apa fungsinya:

  • initialExpression: Ini digunakan untuk menetapkan nilai variabel penghitung, dan hanya dievaluasi sekali, sebelum perulangan dimulai. Bergantung pada ruang lingkupnya, variabel penghitung ini biasanya dideklarasikan dengan kata kunci var or .let
  • condition: Ini adalah ekspresi evaluasi konstan yang menentukan apakah loop harus dieksekusi. Secara sederhana, jika kondisi ini mengembalikan nilai true, blok kode for loop akan dieksekusi. Jika mengembalikan false, for loop dihentikan.
  • updateExpression: Ini biasanya digunakan untuk memperbarui atau menambah initialExpressionvariabel penghitung. Dengan kata lain, ketika kondisinya benar, itu memperbarui nilai initialExpression.
Ringkasnya, pengulangan for loop menyebabkan initialExpressionvariabel, yang disetel ke nilai awal, bertambah atau berkurang sebagai respons updateExpressionselama kondisi terpenuhi. Akhirnya, pernyataan, akan selalu dieksekusi jika kondisi bernilai benar.

Contoh For Loop dalam JavaScript

Dari penjelasan diatas, kita sekarang memahami apa itu loop, jadi mari kita lihat beberapa contoh dan lihat bagaimana kita bisa menggunakan loop.

Cara Menampilkan Teks Beberapa Kali

Mari kita mulai dengan menampilkan pengulangan beberapa teks sampai kondisi kita terpenuhi.

for (var i = 0; i < 3; i++) {
  let name = "John Doe";
  console.log("Hi, my name is " + name);
}


OutPut:

"Hi, my name is John Doe"
"Hi, my name is John Doe"
"Hi, my name is John Doe"


Berikut ini adalah tabel program memproses loop:

Iteration
Variable
Condition: i < 3
Action & variable update
1st
i = 0
true
Hi, my name is John Doe is printed.
i is increased to 1.
2nd
i = 1
true
Hi, my name is John Doe is printed.
i is increased to 2.
3rd
i = 2
true
Hi, my name is John Doe is printed.
i is increased to 3.
4th
i=3
false
The loop is terminated.
Catatan: Perulangan dihentikan karena 3 tidak kurang dari 3, sehingga dikembalikan false.

Kesimpulan

Pada artikel ini, kita mempelajari apa itu loop JavaScript dan melihat beberapa contoh. Penting untuk dipahami bahwa ada banyak jenis perulangan lainnya, termasuk while loop, yang paling baik digunakan ketika Anda tidak mengetahui jumlah iterasi. Maka, selalu gunakan for loop ketika Anda mengetahui jumlah iterasi.

Pembahasan jenis loop Lainnya silahkan Baca.
Terimakasih, semoga bermanfaat yaa.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "JavaScript For Loop Penjelasan dan Contohnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel