Iklan Header

Panduan Google Analytics 4 untuk PPC


Pertama kali melihat Google Analytics 4, saya langsung menutupnya dan berkata, “tidak!” apakah kalian juga sama?

Tahun yang akan datang. Saya mengetahui bahwa Universal Analytics akan dihentikan pada tahun 2023 , yang akhirnya memaksa saya untuk menjelajahi GA4. Rasanya seperti beralih dari Windows ke Mac.

Universal Analytics akan ditiadakan

Anda benar-benar perlu memasang GA4 di situs web Anda dan menyiapkan sasaran. Saya tidak bisa menekankan betapa pentingnya menginstal GA4 sekarang, bahkan jika Anda akan menunggu hingga Juli 2023 untuk mempelajari cara menggunakannya sepenuhnya.  

Pada Juli 2023, UA akan ditiadakan. Anda harus dapat membandingkan data dari tahun ke tahun. Anda tidak dapat melakukannya jika Anda belum menginstal GA4 di situs web Anda tahun ini.

Anda harus mengekspor laporan dari UA dan GA4 dan entah bagaimana menggabungkannya. Anda dapat melakukannya di Data Studio, tetapi ini sangat merepotkan. GA4 menggunakan model berbasis peristiwa sebagai lawan dari model berbasis sesi lama yang digunakan UA. Ini memungkinkan lebih banyak data dikirim ke analitik Anda.

Tag GA4 dapat mengirim hingga 25 parameter peristiwa. UA hanya bisa mengirim empat per acara. GA4 dapat memiliki hingga 500 peristiwa dengan nama yang berbeda. Batas 500 acara hanya untuk acara yang Anda siapkan. Batas ini tidak dihitung untuk peristiwa GA4 yang datang secara default seperti page_view, klik, atau video_start.

Saya tidak akan menjelaskan secara rinci tentang cara menginstal GA4 karena banyak orang telah melakukannya. Satu hal yang harus Anda lakukan adalah mengaktifkan Pengukuran yang Disempurnakan.

Anda melakukannya dengan membuka Admin > Aliran Data dari properti yang sedang Anda kerjakan. Klik pada tab Web dan pastikan penggeser untuk Pengukuran yang disempurnakan aktif.

Jika Anda mengklik ikon roda gigi di paling kanan, Anda akan melihat semua hal yang berbeda untuk diukur seperti Scrolls dan klik Outbound .  



Menyiapkan konversi

Jika Anda sudah menyiapkan sasaran di Universal Analytics, Google telah meluncurkan alat untuk memindahkan konversi Anda ke GA4 . Jika tidak memilikinya, Anda harus menggunakan Google Pengelola Tag untuk menyiapkan tag HTML Khusus guna mendorong data konversi ke lapisan data.

Beberapa plugin dan layanan pihak ketiga mungkin sudah melakukannya untuk Anda. Setelah Events terlihat, yang harus Anda lakukan adalah pergi ke menu utama dan klik Konfigurasi dan hal pertama yang akan Anda lihat adalah Events.

Selalu periksa di sini terlebih dahulu ketika Anda ingin membuat konversi. Apa yang ingin Anda hitung sebagai konversi mungkin sudah ada di sini. Temukan saja events Anda dan klik penggeser untuk mengaktifkan. 

Event


Konsep Baru

Salah satu konsep utama GA4 adalah membedakan antara keterlibatan pengguna dan keterlibatan sesi. Perbedaan utamanya adalah statistik keterlibatan pengguna dapat menjangkau lebih dari satu sesi.

Keterlibatan sesi mencakup data untuk setiap sesi. GA4 adalah tentang keterlibatan.

Perbedaan terbesar yang akan Anda lihat di GA4 adalah rasio pentalan hilang. Itu telah diganti dengan "Sesi Terlibat." Sebuah sesi terlibat atau tidak. Untuk dihitung sebagai terlibat, pengguna harus tetap berada di situs selama lebih dari 10 detik, memicu konversi, atau memiliki 2 tampilan halaman atau lebih.

Alih-alih Durasi Sesi Rata-rata , kami sekarang memiliki Waktu Keterlibatan Rata-rata per Sesi. Jika yang Anda cari tidak tersedia di GA4, dan ada banyak hal yang tidak tersedia, Anda dapat membuka tab Jelajahi dan buat laporan khusus. Laporan khusus sangat mirip dengan Data Studio atau Pusat Analisis di Universal Analytics. 


Iklan Google

Hal pertama yang akan Anda perhatikan di GA4 adalah menu di sebelah kiri jauh lebih kecil dan ada lebih sedikit sub menu dan banyak hal yang hilang atau terkubur.

Hal lain yang saya perhatikan adalah tidak semua bagian memiliki kemampuan untuk mengubah periode waktu yang Anda lihat. Khususnya, jika Anda menjalankan laporan kustom di pustaka, Anda tidak dapat mengubah periode waktu untuk laporan tersebut.

Solusinya adalah dengan menavigasi ke bagian lain seperti menu utama Laporan yang memiliki kemampuan untuk mengubah periode waktu. Kemudian kembali ke laporan Anda dan itu akan mencerminkan perubahan. 

Untuk penelusuran berbayar, kami kehilangan bagian Google Ads. Bagian Google Ads dapat ditemukan di submenu Ikhtisar Akuisisi di bawah Laporan > Akuisisi di baris kedua, kotak ketiga di kanan bawah.

Salah satu masalah terbesar dengan GA4 adalah tidak lagi memungkinkan Anda untuk dengan mudah melihat laporan yang menunjukkan tabel yang dapat Anda klik dan menelusuri untuk melihat detail lebih lanjut. Jika Anda membuka laporan Google Ads yang saya sebutkan di atas, defaultnya adalah menampilkan statistik tentang kampanye Anda.

Anda tidak dapat lagi mengkliknya dan melihat Grup Iklan. Anda harus mengubah menu pull-down untuk melihat Grup Iklan, Kata Kunci, atau item Google Ads lainnya. Jika Anda memilih Grup Iklan, itu hanya akan menampilkan semua Grup Iklan. Tidak ada cara untuk hanya melihat Grup Iklan dari kampanye tertentu.

Sama halnya dengan dimensi apa pun yang Anda pilih. Jika Anda ingin memfilter tabel, ada kotak pencarian yang sangat sederhana di bagian atas. Itu tidak mengizinkan regex atau memiliki filter visual yang bagus yang Anda miliki di Universal Analytics.

Fungsionalitas ini, atau kekurangannya, ada di semua laporan tabel. Anda akan melihat bahwa setiap tabel memiliki tanda plus kecil berwarna biru yang memungkinkan Anda menambahkan dimensi tambahan seperti browser atau kota.

Untuk beberapa alasan, ini tidak tersedia dalam laporan Google Ads. Untuk melihat informasi ini, Anda harus membuka Laporan > Akuisisi > Akuisisi Pengguna dan lihat tabel di baris kedua laporan. Anda hanya memiliki akses ke dimensi Grup Iklan di sini. Sekarang Anda dapat menggunakan dropdown dimensi sekunder.


Pelaporan Lanjutan Sangat Terbatas

GA4 default tampaknya dirancang untuk pengguna pemula untuk mendapatkan informasi ikhtisar dengan cepat.

Banyak laporan mendetail yang mudah diakses dan digunakan tidak lagi tersedia tanpa pengetahuan lanjutan tentang GA4. Laporan khusus yang dapat Anda buat di bawah menu Jelajahi sangat kuat jika Anda tahu cara menyiapkannya.

Ada galeri laporan yang dibuat sebelumnya, tetapi saat ini tidak banyak. Setelah GA4 tersedia lebih lama, akan ada lebih banyak laporan dan artikel khusus tentang cara membuat laporan tertentu.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Panduan Google Analytics 4 untuk PPC"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel