Iklan Header

Cara Terbaru Membuat Local Web Server pada Android 2021



Jika Anda seorang web developer, Anda akan sering menghadapi situasi di mana Anda perlu menguji situs web atau aplikasi yang sedang kami kembangkan, dan kami pasti membutuhkan sedikit fleksibilitas agar kami dapat meningkatkan produktivitas.

Selama ini mungkin kita hanya terpaku pada komputer atau laptop yang kita gunakan untuk development dan debugging, namun seiring perkembangan teknologi memaksa kita untuk memegang smartphone kapan saja, di mana saja, kita mungkin perlu memperluas bidang kerja kita dari PC ke smartphone Android.

Untuk mendukung produktivitas pengembangan website di Android, salah satu aplikasi yang dibutuhkan adalah web server. Web server KSWEB untuk android merupakan web server yang paling direkomendasikan karena memiliki fungsi sebagai berikut:


1. server lighttpd v1.4.35 (SSL)

2. nginx v1.7.3 (SSL)

3. PHP v5.6.2 (SSL)

4. MySQL v5.6.19

5.msmtp v1.4.32

6. Antarmuka web v1.2


Instalasi KSWEB

Untuk mulai menggunakan server web KSWEB, Anda perlu mengunduh dan menginstal KSWEB langsung dari Google Play Store. Aplikasi ini menawarkan kesempatan uji coba 6 hari, jika Anda ingin terus menggunakannya, Anda akan diminta untuk membayar $2,99. Alat yang sangat berguna bagi pengembang sangat murah.


Konfigurasi server web

Saat Anda mulai menjalankan aplikasi KSWEB, Anda dapat langsung mengakses url "localhost:8080" di browser smartphone Anda. Jika Anda menggunakan Wi-Fi di PC lain di jaringan yang sama, Anda dapat mengakses IP ponsel Android Anda alamat. KSWEB akan menampilkan halaman default.

Secara default, nama pengguna dan kata sandi default adalah "admin" dan "admin". Untuk alasan keamanan, sebaiknya Anda segera menggantinya. Untuk masuk ke panel kontrol manajemen, Anda dapat masuk melalui URL "127.0.0.1:8001".


konfigurasi phpMyAdmin

PhpMyAdmin di KSWEB dapat diinstal dari tab Tools pada layar awal aplikasi. PhpMyAdmin berukuran sekitar 7MB, setelah diinstal, Anda dapat mengaksesnya di 127.0.0.1:8000. Masuk dengan nama pengguna "root" tanpa kata sandi.


Pilih direktori jaringan

Secara default, direktori root akan ditempatkan pada kartu SD di folder htdocs. Jika Anda ingin mengubahnya di direktori lain, Anda dapat mengubahnya dari tab Lighttpd.

Oleh karena itu, web server lokal sudah bisa berjalan di smartphone Android Anda. Kemudian Anda dapat memindahkan proyek secara manual dari PC ke smartphone, atau Anda dapat mengatur ulang situs web yang Anda bangun. Misalnya, untuk menginstal wordpress, Anda dapat mengunduh file instalasi WordPress, kemudian unzip ke direktori htdocs, dan kemudian lanjutkan untuk menginstal WordPress seperti biasa.

Download : KSWEB PRO APK

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Komentar untuk "Cara Terbaru Membuat Local Web Server pada Android 2021"

  1. Thanks for sharing this excellent post, I appreciate your work. Can you also make post on COC Mod Apk.

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel